Senin, 29 Juni 2009

Ladzid Donat
Donat merupakan makanan yang banyak dsuai orang, tidak terbatas pada anak-anak saja, melainkan juga kepada orang dewasa, selain bentuknya yang unik, bundar berlobang di tengah. Harga yang terjangkau membuat donat menjadi pilihan yang tepat baik untuk sarapan pagi maupun untuk sekedar jadi camilan.
Dengan melihat berbagai macam keunikan dan pangsa pasar yang tidak terbatas, maka saya ingin mengembangkan usaha donat yang murah, enak, bentuk yang menarik dan disukai banyak orang, sekedar untuk memuluskan jalan, maka saya mempunyai stimulus-stimulus sebagai berikut:

Konsep
Setiap ingin memulai usaha, maka seseorang harus mempunyai konsep yang jelas jika ingin berhasil. Konsep Donat Cinta adalah saya berusaha membuat donat yang berbeda dari pasaran, kalau biasanya donat berbentuk bulat, maka donat yang saya produksi berbentuk hati yang bermakna cinta atau amor. Dengan begini orang akan menjadi penasaran sehingga ingin mencoba.
Untuk masalah rasa, tidak jauh berbeda dengan donat-donat yang beredar di pasaran, akan tetapi mempunyai khas tersendiri, karena kalau biasanya meses atau keju yang menghiasi di bagian kulit luar donat ditabur begitu saja, maka donat cinta berbeda, yakni dengan memvariasi taburan keju, meses dan kacang sehingga membentuk kata-kata cinta, missal “I Love You”, “I Miss You”.

Modal
Dalam berbisnis, seseorang tdak perlu mempunyai modal yang banyak, karena modal yang banyak tidak menjamin suatu usaha berjalan lancer jika konsep yang ditawarkan tidak menarik, karena saya adalah mahasiswa, maka tidak mungkin bias seorang diri untuk membangun usaha ini, maka disinilah peran mempunyai jaringan yang banyak, beruntung saya mempunyai banyak relasi yang bisa diajak bekerja sama. Saya mencari beberapa teman yang hobi bisnis dan sejalan dengan ide usaha ini, maka dengan modal bersama, dan pembagian hasil usaha yang islami yakni sistem mudharabah, serta azas saling percaya, itulah modal terbesar usaha donat cinta.

Marketing
Pangsa pasar merupakan hal yang amat penting dan harus diperhatikan, karena domisili saya berada di dekat kampus, maka dengan pilihan donat yang berbentuk hati, maka pasti akan sangat diminati. Adapun cara memasarkan Donat Cinta, saya menaruhnya di kantin-kantin kampus, warung-warung makan yang berada di sekitar kampus. Selain itu saya memasarkannya di kantin-kantin sekolah dan beberapa kantin perkantoran. Dengan harga 1500 perbijinya ditopang ukuran yang cukup besar dan desain yang menarik, Donat Cinta akan banyak lari di pasaran. Di samping itu, saya juga menerima pesanan untuk acara-acara.

Mudah-mudahan dengan contoh yang saya paparkan ini, dapat membuat anda termotivasi, karena bisnis itu mudah, tergantung niat dan kemauan. Thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar